PRODUK INOVASI SOSIAL

di Rumah Inovasi Sosial Indonesia, kami menyediakan produk-produk inovasi. karena kami percaya setiap manusia adalah makhluk sosial, maka hal yang penting disadari dalah bahwa dimanapun kita berada selalu berada dalam sistem sosial. Lalu hal apa yang bisa menjadi penambah mutu sebuah relasi sosial dan mencapai tujuan terbaik sebuah kelompok, komunitas, organisasi? tentu kami percaya bahwa semuanya dipengaruhi oleh kualitas percakapan dan kuasa relasi antar orang ;

 

1. FASILITASI CREATIVE MEETING : 1

Kami percaya bahwa perubahan sosial sangat dipengaruhi oleh dinamika sosial. dan kami percaya bahwa seberapa berkualitas percakapan antar orang serta seberapa efektif relasi antar orang dalam sebuah organisasi akan sangat menentukan gerak prubahan didalamnya.

karena kami percaya bahwa fokus pada agenda pertemuan, menantang proses pertemuan, mencipta alat bantu pertemuan adalah ketrampilan sosial yang bisa dimiliki oleh para fasilitator ahli. bagaimana mengelola dinamika pertemuan, bagaimana menciptakan alur pertemuan, agar setiap orang bisa berpartisipasi aktif pada pertemuan? salah satunya adalah dengan menjadikan pertemuan sebagai pertemuan yang fasilitatif.

2. CREATIVE CONSULTING :

ISI creative Consulting. adalah produk jasa kemitraan kepada para pemrakarsa yang ingin mengembangkan program inovasi sosial pada komunitas dan kelompok sasaran. kami menyediakan jasa pemetaan sosial, rencana strategi, peningkatan kapasitas pelaku pendamping masyarakat, ketrampilan fasilitator. juga dalam rangka menyusun dokumen master plan sbuah program pemberdayaan masyarakat.

Jasa Riset, Monitoring, Evaluasi :

Roadmap-Cover

Riset Aplikatif – Bagaimana memotret keadaan sosial yang akan di jadikan kelompok sasaran sebuah program strategis. seperti apa menemukan kekuatan asset personal, asset sosial, asset relasional, Asset fungsional dari sebuah pribadi dan kenyataan sosial? lalu mengapa ini penting?

dengan pendekatan riset aplikatif yang kami kembangkan, maka ini akan membantu organisasi – perusahaan anda bisa lebih memiliki data dan argumen sebelum mengambil keputusan sebuah program kemitraan. khususnya program yang di tujukan pada pemberdayaan masyarakat di sebuah Desa / kawasan.

Monitoring & Evaluasi – Lalu sudah sampai dimana kita? jika pertanyaan ini tidak terjawab ketika sebuah tim kerja telah melaksanakan rencana kegiatan yang disusun pada perencanaan kegiatan sebelumnya. maka perlu di cek ulang apakah semua telah menyadari berapa banyak sumber daya yang telah di kerahkan? apa saja yang telah tercapai dan apa saja yang belum?

bagaimana itu bisa terjadi? atas peran dan kontribusi siapa itu bisa terjadi? dengan kekuatan apa hal-hal yang berhasil itu bisa terjadi? mengenali pola perubahan yang sedang terjadi pada sebuah tim yang sedang bekerja. membutuhkan pengamatan dan menemukan detail-detail kunci yang mempengaruhi tim tersebut bekerja. seni melakukan monitoring dan evaluasi adalah proses mengukur yang sering dilakukan. dengan melibatkan pihak dari luar organisasi, diharapkan monitoring dan evaluasi bisa lebih netral dalam menghasilkan dokumen temuan monitoring dan evaluasi sebuah kelompok.

3. CREATIVE EMPOWERING :

3bagaimana melakukan pembangunan sosial yang berkelanjutan? inmtinya setiap orang yang bergabung dalam sebuah kelompok sangat memerlukan ketrampilan personal dan ketrampilan sosial.

melalui proses menghargai apa yang ada, menggali apa yang mungkin, menyepakati apa yang harus dikerjakan, serta melahirkan inovasi baru. biosa menjadi pendekatan dalam melakukan pembangunan komunitas bertumpu pada kekuatan.

4. CREATIVE COACHING – TRAINING :

people-cartoonkami percaya bahwa setiap pengetahuan itu bisa dipelajari. setiap teknik dan trik itu bisa di latih, kemudian setiap ketrampilan yang digunakan berulang-ulang bisa menjadi ketrampilan dan ketika ketrampilan yang diulang secara terus-menerus bisa menjadikan seseorang menjadi ahli di bidangnya.

ketrampilan personal terkait penguasaan sikap dasar menjadi wirausahawan sosial dan mengembangkan multi kecerdasan bisa menjadi pendekatan. kemudian kecerdasan sosial dalam hal mengelola organisasi, memimpin kelompok, seni mengelola pertemuan, ketrampilan komunikasi. juga ketrampilan mengelola dinamika kelompok, serta mendesain alur pertemuan. adalah beragam ketrampilan yang sudah menjadi keahlian di Yayasan Inovasi sosial Indonesia.

5. CREATIVE EVENT :

Big_Bang_of_peoplekami percaya bahwa dunia ini tidak hanya membutuhkan orang sukses dan kaya. tetaepi juga sangat membutuhkan orang-orang hebat. pertanyaannya adalah siapa orang hebat itu? adalah dia yang dengan sederhana, percaya pada proses, melakukan hal kecil yang berdampak besar.

biasanya keberadaan para pelaku ini pada awalnya sering menjadi “mutiara yang terpendam”. karena yang mereka lakukan adalah menyimak suara yang tak terdengar, mengamati yang tidak terlihat oleh orang kebanyakan.

untuk itu sebuah apresiasi bisa dijadikan pendekatan. sebuah forum share learning, panggung apresiasi, jambore perayaan gagasan inovasi, semacam inovator summit. yang secara regular, menular, mudah di replikasi, menyebar dan terus-menerus bisa dikerjakan. jika di awali dengan sebuah pendekatan kecil dan sederhana. lalu meluas dan banyak orang memilih kontribusi terbaiknya. maka disitulah terjadinya perubahan.

#salam Indonesia yang berisi

mari merayakan proses mencipta!

Leave a comment